Belajar Matematika Bersama BAMSTHEGURU

25/07/2010

Sumber Pembelajaran Statistika

Filed under: definisi statistik,Kelas XI IPA,kelas XI IPS,statistik — bamstheguru @ 7:11 AM

http://sirusa.bps.go.id/

www.sensuspenduduk.com

http://www.bps.go.id/

 

pada website tersebut tersedia informasi tentang beberapa istilah penting:

Data
Kumpulan dari angka-angka maupun karakter-karakter yang tidak memilii arti. Data dapat diolah sehingga menghasilkan informasi.

Estimator

Ukuran matematika, metode rumusan untuk memperkirakan parameter populasi berdasarkan sampel. Suaru estimasi adalah random variabel yang dihasilkan dari sampel probabilita.

Frame Unit

Unit / bagian dari kerangka contoh, yang dapat memberikan ciri / perbedaan adri elemen populasi / unit sampel. Contoh adalh kartu dari susatu file, blok dalam kota, kerangka unit sering dibagi / digabungkan dari unit sampel.

Galat

Error atau kesalahan

Hipotesa

Pernyataan spesifik yang bersifat prediksi dari hubungan antara dua atau lebih variabel

Informasi

Data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata, berupa nilai yang dapat dipahami di dalam keputusan sekarang maupun masa depan

Karakteristik

Sifat umum dari variabel atau atribut. Observasi atau ukuran khusus yang diambil dari sampel.

Kerangka Contoh
Suatu daftar dari seluruh unit contoh dari populasi. Hal ini akan memudahkan dalam pemilihan sampel / contoh atau suatu kerangka yang berisi elemen -elemen dari seluruh populasi.

Nilai Perkiraan

Nilai rata-rata dari semua kemungkinan perkiraan pada suatu keadaan khusus. Tanda E digunakan sebagai lambang dari nilai harapan, dengan tanda E untuk varianse X maka nilai harapannya dapat ditulis E(x)=?PiXi. Dimana Pi adalah probability dari perkiraan. Anggap Pi merupakan probability pada suatu perkiraan Xi nilai-nilai X yang diperoleh dari perkiraan.

Populasi

Seluruh himpunan tertentu yang didapat dari survei. Dari kesimpulan sampel dibuat elemen himpunan yang disebut populasi. Spesifikasi lengkap yang terdiri dari populasi adalah langkah penting dalam peluang sampling. Meskipun tidak selalu penting untuk mempunyai elemen yang teridentifikasi dan terdaftar lebih dulu untuk seleksi ruang sampel. Elemen dari populasi harus didefinisikan dalam ruang dan waktu yang dimaksud.

Populasi Statistik
Himpunan data tentang karakteristik semua elemen dari populasi. Diasumsikan ada N elemen dalam populasi. Tipe penyajian dari N nilai-nilai karakteristik X yaitu X1, X2, ….., Xn dan Xi meakili nilai-nilai karakteristik dengan harga X pada elemen ke-i. Kata populasi sering digunakan dalam mengganti kata populasi statistik jika menyelidiki data.

Population Parameter
Nilai yang tidak diketahui dan akan diduga. Parameter didapat dari nilai X unit sampel untuk mencari nilai dari N elemen populasi itu.

Probabilita Sampel
Sebuah sampel yang diperoleh dari aplikasi teori peluang. Dalam probabilita sampling, tiap elemen dalam suatu populasi tertentu yang diketahui tidak sama dengan nol, peluang matematika akan terpilih mungkin menyatakan elemen-elemen populasi dan daerah peluang pemilihan.

Probability Distribution
Kemungkinan-kemungkinan yang dikumpulkan dengan nilai random variabel, dapat disamakan jika ada N dalam suatu himpunan, misalkan X1,…..Xn dari peubah acak X dapat disamakan dengan nilai Probabilitas P1,…..Pn merupakan distribusi peluang dari X.

Probability Inclussion
Kemungkinan dimana setiapsampel dalam populasi mempunyai peluang sama, contoh dari N populasi akian mempunyai kemungkinan terpilih n sampel adalah n/N

Probability of Selection
Kemungkinan dimana terpilihnya suatu sampel dan sering diartikan sama dengan Probability Inclussion, hanya caranya yang berbeda yaitu contoh yang diambil dimasukkan kembali kedalam sampel unitnya.

Random Variabel

Variabel yang mempunyai kesempatan disamakan untuk beberapa nilai dalam himpunan yang khusus, kemungkinan dari itu memberikan nilai atau kesalahan diantara dua pendekatan lain yang diketahui, dapat ditentukan / didekati atau diperkirakan.

Ratio Estimator
Merupakan ratio estimator dari random variabel. Umumnya rario estimator adalh salah satu dari dua tipe, yang pertama rata-rata dri rasio dua random variabel misal Xi / Yi untuk elemen-elemen dalam sampel dan lainnya adalah rasio dari estimasi dua random varibel, misal X / Y.

Sample Frame

Spesifikasi untuk pengambilan sampel, maka spesifikasi ditentukan dengan mengenai tujuan survei dan pendekatan galat sampel kecil (efisiensi sampel dari harga yang diberikan ).

Sampling Distribution
Distribusi probabilitas dari seluruh kemungkinan estimasi dimana sebuah estimator akan menghasilkan sampling plan yang khusus sebagai ilustrasi, rujukan berdasarkan SRS, seperti diatas dan untuk rata-rata sampel (X) adalah sebagai estimator atau perkiraan rata populasi (M). Untuk setiap kemungkinan sampel memberikan ukuran / nilai yang sesuai. Ukuran ini merupakan nilai dari X. Setiap nilai dari X mempunyai kemungkinan ketelitian nilai dari X tersebut dan probabilitas ketelitiannya menyatakan distribusi sampling X untuk SRS.

Sampling Unit
Suatu unit dari populasi yang mungkin dipilih ketika suatu pemilihan secara random dilakukan untuk menarik sampel. Sampling unit dapat berupa individu dari elemen-elemen populasi dapat juga kelompok dari elemen-elemen. Beberapa sampling unit tidak mungkin berisi sebuah elemen. Jika tiap elemen memiliki satu dan hanya satu sampling unit, maka keseluruhan dari sampling-sampling unit berisi semua elemen dari populasi tanpa dihilangkan atau pengulangan, pada situasi yang komplek sebuah elemen tidak dapat dengan tertentu menghubungkan dengan hanya satu sampling unit, tetapi ini seharusnya mempunyai kemungkinan yang tidak tentu karena hubungan dengan lainnya diberikan dengan sampling unit. – Sampling unit merupakan bagian terpenting dalam teori sampling. Variasi sampling dari suatu estimasi adalah sebuah fungsi dari variasi antar sampling unit. – Sampling unit memilih semua sampling unit-unit dalam populasi, sebagaimana unit-unit yang dapat terjadi dalam sebuah sampel.

Sensus
Penelitian statistik dari sudut pandang matematik suatu kasus spesial dari penarikan contoh. Penarikan contoh adalah kasus umum dan sensus adalah kasus khusus dimana seluruh anggota elemen populasi mempunyai peluang yang sama untuk terpilih menjadi satu termasuk dalam sampel. Ada beberapa kesalahan yang diperoleh secara sensus seperti dari penelitian secara contoh.

Simple Random Sampling
Suatu hal khusus dari probabilita sampling sering disebut onrestricted random sampling. Ini adalah suatu cara untuk memilih n sampling unit pada suatu waktu dari suatu populasi, dengan N sampling unit. Sehinggga tiap sampling unit memiliki kesempatan sama terjadinya sutu sampel.Tiap kombinasi yang mungkin dari N sampling unit pada suatu waktu dengan probabilita yang sama, tanpa pengembalian, penggunaan tabel dari angka random memenuhi definisi ini dari SRS

Statistik
Jumlah (total) data-data persentase yang dapat dihitung dari populasi atau data contoh juga berarti suatu metode.

Survei Statistik
Suatu usaha penyelidikan terhadap sekumpulan data. Observasi atau pengukuran diambil dari sampel elemen untuk dibuat kesimpulan mengenai elemen kelompok tertentu. Survei-survei dilakukan dalam berbagai cara.

Snowball Sampling
Pengambilan sampel yang dilakukan dengan cara menggunakan responden sebagai nara sumber untuk responden berikutnya, dan seterusnya.

True Values

Pernyataan yang teliti mempumyai konsep dan hipotesa, karena kesalahan pengukuran dalam beberapa tingkat, ketepatan tidak akan berarti dalam praktek, dalam beberapa keadaan ia akan membantu untuk mengasumsi set dari nilai yang sebenarnya T1,…..Tn untuk suatu karakteristik.

Unit Analisa

Sebuah unit untuk analisa atau tujuan analisa. Dalam banyak kata elemen, unit observasi dan unit analisa adalah unit yang sama.

Unit Observasi
Suatu unit yang mengandung infor,asi atau data

Universe
Sering disinonimkan dengan populasi. Populasi lebih disukai daripada kata elemen-elemen dari himpunan atau himpunan data dengan beberapa karakteristik dari elemen-elemen. Universe lebih disukai daripada elemen-elemen.

Validitas

Aspek kecermatan pengukuran. Atau bisa dikatakan sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya

Wilayah Pencacahan (Enuneration Area)

Bagian dari suatu wilayah desa/kelurahan yang pada umumnya merupakan wilayah kerja seorang pencacah. Wilcah harus mempunyai batas yang jelas, baik alam maupun buatan, dan diperkirakan tidak akan berubah dalam jangka waktu kurang lebih 10 tahun. Sebuah wilcah pada umumnya mencakup sekitar 200-300 rumah tangga atau bangunan fisik bukan tempat tinggal, atau gabungan dari rumah tangga dan bangunan fisik bukan tempat tinggal.

STATISTIK DASAR

Definisi

Statistik Dasar adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk keperluan yang bersifat luas, baik pemerintah maupun masyarakat, yang memiliki ciri-ciri lintas sektoral, berskala nasional maupun regional, makro, dan yang penyelenggaraannya menjadi tanggung jawab BPS.

Sensus adalah cara pengumpulan data yang dilakukan melalui pencacahan semua unit populasi di seluruh wilayah Republik Indonesia untuk memperoleh karakteristik populasi pada saat tertentu.

Survei adalah cara pengumpulan data yang dilakukan melalui pencacahan sampel untuk memperkirakan karakteristik suatu populasi pada saat tertentu.

Kompilasi Produk Administrasi adalah cara pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisis data yang didasarkan pada catatan administrasi yang ada pada pemerintah dan atau masyarakat

Cakupan

Statistik dasar mencakup statistik bidang ekonomi, bidang kesejahteraan rakyat, dan bidang-bidang lainnya yang jenis dan ragamnya telah dan akan dikembangkan oleh BPS.

Statistik bidang ekonomi mencakup statistik pertanian, statistik industri, statistik perdagangan dan jasa, statistik keuangan dan harga, serta statistik lintas sektor.

Statistik bidang lainnya akan ditetapkan sesuai dengan perkembangan pembangunan dan perikehidupan masyarakat.

Penyelenggaraan Statistik

Statistik dasar diperoleh melalui pengumpulan data dengan cara sensus, survei, kompilasi produk administrasi, dan cara lain sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Statistik dasar dapat dilakukan secara berkala, terus menerus, dan atau sewaktu-waktu yang periode pelaksanaannya ditetapkan oleh Kepala BPS dengan memperhatikan kebutuhan data baik dari pemerintah maupun masyarakat.

Dalam penyelengaraan statistik dasar sejauh mungkin Kepala BPS juga tetap diberitahukan.

Pengelolaan statistik dasar dapat dilakukan secara sentralisasi, desentralisasi, dekonsentrasi atau kombinasi dengan memperhatikan tingkat kecepatan dan kualitas data yang dihasilkan.

Pemanfaatan dan Penyebarluasan

Hasil statistik dasar diumumkan dalam berita resmi statistik (BRS) atau media lainnya yang tersedia dengan maksud agar data yang dihasilkan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pengguna data baik instansi pemerintah maupun masyarakat luas.

Hasil statistik dasar terbuka pemanfaatannya untuk umum, kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

BPS menyebarluaskan hasil kegiatan statistik dasar melalui berbagai bentuk media seperti media cetak, media elektronik, dan atau media lainnya yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

BPS Propinsi dan BPS Kabupaten/Kotamadya menyajikan statistik dasar secara regional untuk memenuhi kebutuhan daerah yang bersangkutan.

Koordinasi dan Masukan

Dalam rangka meningkatkan dayaguna dan hasilguna yang maksimal, maka dalam penyelenggaraan statistik dasar kepala BPS selalu mengadakan koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan standarisasi demi terwujudnya Sistem Statistik Nasional.

Saran dan pertimbangan yang disampaikan melalui Forum Masyarakat Statistik akan digunakan sebagai masukan yang berharga dalam penyempurnaan penyelenggaraan statistik dasar hal tersebut dapat disampaikan memalui : sirusa@mailhost.bps.go.id

 

 

 

2 Komentar »

  1. ini lengkap sekali pak🙂

    contoh dari Snowball Sampling itu seperti apa pak?

    Komentar oleh Uswatun Hasanah — 20/07/2011 @ 5:20 AM | Balas

    • Secara singkat sampling bola salju digunakan jika kita hendak mencari informasi tertentu dimana kita hanya menemukan sebagian kecil responden dari sekian banyak responden yang kita butuhkan. Kelompok responden yang kecil itulah bola salju yang kecil itu. Berdasar informasi responden tersebut dimungkinkan punya referensi mengenai respondenyang mungkin dapat dimasukan dalam penelitian dengan kata lain respondenya nanti berdasarkan kenalan/kolega dari responden. Jika hal ini berjalan dengan baik maka kebutuhan akan responden tersebut akan terpenuhi dengan baik. Metode sampling ini lebih banyak diterapkan untuk penelitihan di bidang ilmu sosial.

      Komentar oleh bamstheguru — 20/07/2011 @ 3:15 PM | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: