Belajar Matematika Bersama BAMSTHEGURU

24/07/2010

Pembelajaran Matematika On Line

Filed under: Uncategorized — bamstheguru @ 1:20 AM

eNLVM (Enhanced National Library of Virtual Manipulatives) dengan alamat http://enlvm.usu.edu/ adalah website yang berisi pelajaran matematika online interaktif yang dapat digunakan secara bebas dan disesuaikan. Pelajaran online interaktif menggunakan perangkat lunak dari NLVM dan situs-situs lain.
Situs eNLVM menyediakan alat-alat guru dapat digunakan untuk melihat pekerjaan yang telah dilakukan siswa saat bekerja online, Menyiapkan bahan-bahan untuk digunakan dengan kelas Anda, m
elihat jawaban siswa, menyesuaikan pelajaran dan kegiatan, menciptakan pelajaran dan kegiatan.

http://p4tkmatematika.org/ merupakan website dari PPPPTK Matematika. PPPPTK Matematika merupakan unit pelaksana teknis (UPT) di bawah Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK) yang mempunyai tugas dan fungsi yang sangat strategis untuk mengembangkan program-program dalam rangka peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan matematika, yang pada gilirannya peserta didik akan memiliki kompetensi matematika yang memadai serta sikap tangguh dalam menghadapi kompetensi global.

Inti dari program yang akan dikembangkan oleh PPPPTK Matematika adalah membangun continuous professional development para pendidik dan tenaga kependidikan matematika dengan layanan yang prima, profesional, berbobot, dan unggul.

Profil ini memberikan gambaran tentang PPPPTK Matematika, program-program dan produk-produk peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan matematika, serta sumber daya manusia (SDM) pendukungnya.

Dengan terwujudnya Profil ini diharapkan pembaca dapat memperoleh gambaran yang lengkap tentang PPPPTK Matematika sehingga terjalinlah komunikasi dan kerjasama yang baik antara pembaca dengan lembaga.

Kepala PPPPTK Matematika
Herry Sukarman, M.Sc.Ed.

HAKIKAT EKSISTENSI PPPPTK MATEMATIKA

Matematika merupakan ilmu dasar yang harus dikuasai oleh manusia sebagai landasan berfikir secara logis, sistematis, kritis dan bertindak secara cerdas, kreatif, dan inovatif. Matematika pada dasarnya merupakan ilmu yang bersifat deduktif yang mendasarkan pada pemikiran yang logis dan sistematis di mana setiap preposisi diturunkan dari aksioma yang telah disepakati dan prinsip yang diturunkan darinya untuk membentuk teorema, yang kemudian diaplikasikan di dalam mengeksplorasi fenomena alam.

Di sinilah hakikat pentingnya setiap manusia menguasai bidang matematika guna dijadikan sebagai alat untuk mengeksplorasi fenomena alam, memecahkan masalah dalam kehidupan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, mengingat sifat matematika yang deduktif, konsisten, dan kompleks, diperlukan ketangguhan manusia untuk menguasainya dengan tekad, semangat, dan endurance yang tinggi. Misi inilah yang harus sampai kepada setiap peserta didik. Mengingat bahwa tingkat penguasaan yang demikian kompleks ini memerlukan tahapan-tahapan berfikir yang sangat panjang maka diperlukan kiat-kiat metodologi pembelajaran matematika yang membuat anak mudah memahami matematika secara sederhana, mudah, berangkat dari tahapan konkret menuju ke arah abstrak secara bertahap dalam suasana yang menyenangkan. Tantangan inilah yang harus disadari oleh semua insan yang memberikan layanan bagi peserta didik dalam pendidikan matematika, dan PPPPTK Matematika mempunyai tugas dan fungsi yang sangat strategis bersama-sama insan matematika untuk mengembangkan program-program pendidikan matematika dengan memperhatikan latar belakang psikologis dan sosiologis peserta didik serta inovasi pendidikan matematika, yang pada gilirannya peserta didik akan memiliki kompetensi matematika yang memadai serta sikap tangguh dalam menghadapi kompetisi global.

Di sisi lain kondisi pendidikan matematika di Indonesia belum sesuai dengan harapan yang semestinya diwujud-nyatakan, ditandai dengan begitu banyaknya keluhan-keluhan peserta didik terhadap pengalaman belajar matematika di sekolah, antara lain: kelas matematika yang membosankan, terlalu banyak pekerjaan rumah, guru yang kurang ramah, matematika adalah pelajaran yang sulit. Hal itu semua semakin memperpuruk motivasi anak untuk belajar matematika. Sekarang, PTK matematika harus mulai mengubah paradigma berfikir dan bertindak dalam memberikan layanan pendidikan matematika bagi peserta didik. Pendidik matematika harus memiliki keyakinan dan semangat yang tangguh serta mencintai profesinya untuk memberikan yang terbaik dalam membangun cara berfikir peserta didik sesuai dengan pola pikir yang dikembangkan dalam matematika. Betapa pentingnya menyadarkan generasi muda para peserta didik akan hebatnya memiliki pola berfikir dan bertindak seperti yang dikembangkan dalam matematika, dan ini adalah merupakan cikal bakal untuk membangun masyarakat yang kompeten, tangguh dan kompetitif. Di sinilah inti dari program yang akan dikembangkan oleh PPPPTK Matematika, yaitu membangun continuous professional development para PTK matematika dengan layanan yang prima, profesional, berbobot, dan unggul yang pada gilirannya kepercayaan akan diraih dari para customer.

LATAR BELAKANG

Sesuai dengan Permendiknas nomor 8 Tahun 2007, PPPPTK Matematika mempunyai tugas melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika.

Untuk mewujudkan layanan yang prima, profesional, berbobot, dan unggul dalam proses pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika, pada bulan Oktober 2008, setelah melalui trinial audit oleh PT SAI Global, sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 telah dintegrasikan ke Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dan telah memenuhi klausul-klausul yang di persyaratkan.

Disamping itu, sejak bulan Juli tahun 2007, PPPPTK Matematika mendapat kepercayaan untuk merintis berdirinya SEAMEO Centre for QITEP in Mathematics, suatu lembaga diklat bertaraf regional di bawah organisasi menteri-menteri pendidikan se- Asia Tenggara.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, disusunlah profil PPPPTK Matematika sebagai wahana informasi tentang program-program, produk-produk, fasilitas serta SDM pendukung kegiatan.

TUGAS DAN FUNGSI

TUGAS
Melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika

FUNGSI
1. Penyusunan program pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan.
2. Pengelolaan data dan informasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
3. Fasilitasi dan pelaksanaan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
4. Evaluasi program dan fasilitasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
5. Pelaksanaan urusan administrasi PPPPTK.

VISI DAN MISI

VISI
Terwujudnya PPPPTK Matematika sebagai institusi yang terpercaya dan pusat unggulan dalam pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika.

MISI
Misi PPPPTK Matematika adalah:
1. Mengembangkan model-model diklat pendidik dan tenaga kependidikan matematika,
2. Mengembangkan model pembelajaran matematika berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi),
3. Memfasilitasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan matematika,
4. Menumbuhkan citra matematika sebagai mata pelajaran yang mudah dan menyenangkan,
5. Memberikan masukan dalam pengembangan kurikulum pendidikan matematika,
6. Membangun hubungan kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan nasional dan internasional dalam rangka peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan matematika.

MOTTO :

“Raih sukses bersama dengan kerja cerdas dan ikhlas”.

Kerja cerdas memiliki makna mempunyai kemampuan membaca kebutuhan masyarakat pendidikan matematika dan bertindak secara cepat dan akurat dalam menyelesaikan berbagai tugas yang harus diemban oleh pegawai PPPPTK Matematika.

JANJI LAYANAN:
“Cepat, tepat, ramah dan konsisten”.

TATA NILAI
Dalam rangka mewujudkan visi dan melaksanakan misinya, PPPPTK Matematika menyadari pentingnya penetapan tata nilai yang berfungsi sebagai penentu arah bagi sikap dan perilaku seluruh insan PPPPTK Matematika dalam menjalankan tugas sehari-hari. Tata nilai tersebut juga akan menyatukan hati dan pikiran seluruh pegawai dalam melaksanakan seluruh program kegiatan PPPPTK Matematika. Oleh karena itu, segenap pegawai PPPPTK Matematika perlu memahami dan menerapkan makna nilai-nilai yang terkandung dalam tata nilai tersebut untuk mewujudkan budaya kerja institusi.

  • Visioner
  • Integritas
  • Produktif
  • Profesional
  • Amanah
  • Inspiratif
  • Demokratis dan Berkeadilan
  • Pelayanan Prima
  • Akuntabel

TUJUAN STRATEGIS PPPPTK MATEMATIKA
Untuk mewujudkan Visi dan melaksanakan Misi PPPPTK Matematika, ditetapkanlah tujuan yang akan dicapai institusi dengan mengacu kepada Factor-faktor Kunci Keberhasilan institusi yang diselaraskan dengan tujuan strategis Kementerian Pendidikan nasional dan Direktorat Jenderal PMPTK.

1. Tersedianya dan terjangkaunya produk layanan Diklat Matematika berbasis penelitian yang bermutu dan terwujudnya kerjasama dengan lembaga diklat di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan profesionalisme PTK Matematika
2. Terciptanya sinergisitas antara program PPPPTK Matematika dengan program Ditjen PMPTK dan Dinas Pendidikan Propinsi serta kabupaten/kota dalam mewujudkan ketersediaan dan keterjangkauan layanan peningkatan profesionalitas PTK Matematika
3. Ketersediaan kelengkapan sarana prasaran ICT dan bahan pendukung diklat, serta sumber daya keuangan untuk menunjang ketersediaan dan keterjangkauan layanan profesionalitas PTK Matematika
4. Tersedianya SDM PPPPTK MATEMATIKA yang kompeten dalam bidang IT untuk mewujudkan ketersediaan dan keterjangkauan layanan peningkatan kompetensi guru Matematika dalam melaksnakan pembelajaran yang inovatif berbasis IT
5. Tersedianya SDM secara profesional yang memiliki budaya kerja tinggi, memiliki kompetensi dan komitmen untuk mewujudkan ketersediaan dan keterjangkauan layanan peningkatan kompetensi PTK Matematika yang berbudaya kerja profesional
6. Tersedia sistem tata kelola yang handal dalam menjamin terselenggaranya dan terjangkaunya layanan prima dalam memfasilitasi peningkatan kompetensi dan profesionalitas PTK Matematika oleh manajemen mutu diklat dan kompetensi SDM PPPPTK Matematika yang handal

STRUKTUR ORGANISASI
Dalam tugasnya, Kepala PPPPTK Matematika dibantu oleh:
1. Kepala Bagian Umum
Bertugas melaksanakan urusan administrasi PPPPTK. Dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh Kepala Subbagian Tata Usaha dan Rumah Tangga yang bertugas melakukan urusan persuratan, kearsipan, kerumahtanggaan dan perlengkapan; Kepala Subbagian Tata Laksana dan Kepegawaian yang bertugas melakukan urusan ketatalaksanaan, serta mutasi pengembangan dan disiplin pegawai; dan Kepala Subbagian Keuangan yang bertugas melakukan penyiapan bahan penyusunan anggaran, pembiayaan, perbendaharaan, dan evaluasi pelaksanaan anggaran.
2. Kepala Bidang Program dan Informasi
Bertugas melaksanakan penyusunan dan pengembangan program, serta pengelolaan informasi kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan matematika. Dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh Kepala Seksi Program yang bertugas melakukan penyusunan dan evaluasi program serta pembangan model-model peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan matematika serta Kepala Seksi Data dan Informasi.
3. Kepala Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi
Bertugas melaksanakan fasilitasi dan evaluasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan matematika. Dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan yang bertugas melakukan penyiapan fasilitasi dan pelaksanaan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan matematika, dan Kepala Seksi Evaluasi yang bertugas melakukan penyiapan evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
4. Kelompok Jabatan Fungsional (Widyaiswara)
Bertugas melaksanakan pendidikan dan pengajaran, mengembangkan materi dan program diklat, melaksanakan penelitian serta pengabdian pada masyarakat.

SUMBER DAYA MANUSIA

Dalam melaksanakan tugas pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika, PPPPTK Matematika didukung penuh oleh widyaiswara dan instruktur yang berkompeten dibidang matematika, pendidikan matematika, dan ICT baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri.

Pengembangan staf baik dengan pendidikan gelar maupun non gelar juga terus dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung program-program PPPPTK Matematika sesuai dengan visi dan misi lembaga. Jumlah pegawai negeri sipil PPPPTK Matematika berdasarkan pendidikan per Desember 2009 ditampilkan dalam tabel di bawah ini.

No Tingkat Pendidikan Jumlah
1 Strata 2 : Matematika (19) 33
: Komputer (4)
: Ilmu Lain (10)
2 Strata 1 : Matematika (15) 59
: Komputer (7)
: Ilmu Lain (37)
3 Sarjana Muda 3
4 D III 5
5 SMA/SMEA 57
6 SMP 14
7 SD 6
Total 177

Ada 6 orang pegawai yang saat ini sedang menempuh Strata 3 di bidang pendidikan matematika, matematika maupun ICT.

PENGALAMAN SDM

SDM PPPPTK Matematika memiliki berbagai pengalaman di tingkat nasional maupun internasional, baik sebagai penyelenggara, penyaji, atau peserta. Pengalaman SDM tersebut antara lain:

1. Tingkat Internasional
a. Sebagai narasumber dan peserta dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh SEAMEO Centre for QITEP in Mathematics, antara lain Workshop in Realistic Mathematics Education, Workshop on Development Lesson Study in Mathematics Education.
b. Sebagai penyaji dalam Workshop Web-Based Course di SEAMEO RETRAC di Vietnam
c. Sebagai pemakalah dan peserta kegiatan ISODEL (International Symposium Open, Distance and E-Learning)
d. Sebagai peserta kegiatan Colombo Plan: Proffesional Development Programme for Science and Mathematics Teacher di SEAMEO RECSAM Malaysia
e. Sebagai peserta kegiatan Joint Recsam/ICASE Regional Seminar “The Way Forward for Science and Technology Education Implications for Policy Makers di SEAMEO RECSAM Malaysia”
f. Sebagai peserta Workshop Gifted Students Educations, di Hanoi, Vietnam
g. Melakukan kegiatan benchmark dan training need assesment ke berbagai pusat pendidikan matematika di negara-negara ASEAN, antara lain: SEAMEO RELC, SEAMEO RECSAM, SEAMEO INNOTECH, SEAMEO VOCTECH,
h. Mengikuti kegiatan magang di SEAMEO RECSAM

2. Tingkat Nasional
a. Sebagai penyelenggara, penyaji dan fasilitator berbagai macam diklat, workshop bagi pendidik dan tenaga kependidikan Matematika di Indonesia untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan widyaiswara LPMP.
b. Sebagai penyelenggara, penyaji berbagai seminar dan lokakarya pengembangan pendidikan matematika
c. Mengikuti lomba karya ilmiah widyaiswara tingkat nasional

PROGRAM UNGGULAN PPPPTK MATEMATIKA

Berbagai program unggulan PPPPTK Matematika :
1. FASILITASI PENINGKATAN KOMPETENSI PTK
a. Diklat Guru Pemandu Matematika SD Jenjang Dasar/Lanjut/Menengah/ Tinggi
b. Diklat Guru Pengembang Matematika SMP, SMA, SMK Jenjang Dasar/Lanjut/Menengah/Tinggi
c. Diklat Pembelajaran Matematika SD PMRI
d. Diklat Supervisi Tingkat Dasar
e. Diklat Supervisi Tingkat Menengah
f. Diklat bagi Tutor Matematika PNF
g. Diklat Matematika bagi Guru SLB
h. Diklat Matematika bagi Guru RSBI
i. Diklat Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran Matematika
j. Diklat Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika
k. Diklat Pembuatan Alat Peraga Matematika
l. Seminar dan Lokakarya Pendidikan Matematika
m. Bimbingan Teknis Permasalahan Pembelajaran Matematika
Materi bimbingan teknis diantaranya:
– Pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika
– Pemanfaatan Alat Peraga Matematika
– Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran matematika
– Rekreasi Matematika di Mathematics Playground
– Pemanfaatan Mathematics Mobile Learning
– Mathematics game
– Dan materi-materi seputar permasalahan pembelajaran matematika yang lain sesuai permintaan
2. PENUNJANG FASILITASI PENINGKATAN KOMPETENSI PTK
a. Penyusunan Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP
b. Penyusunan Paket Penggemar Matematika
c. Penyusunan Modul-Modul Diklat
d. Pengembangan Prototype Alat Peraga Matematika
e. Penyusunan Lembar Kerja dan Petunjuk Alat Peraga Matematika
f. Penyusunan Software Pembelajaran Matematika
g. Pembuatan Video Pembelajaran Matematika
h. Penerbitan Buletin dan Jurnal
i. Workshop Pengembangan Struktur dan Silabus Diklat
j. Blockgrant KKG/MGMP

3. SEAMEO FOR QITEP IN MATHEMATICS
a. Workshop in Realistic Mathematics Education
b. Workshop on Development Lesson Study in Mathematics Education
c. Workshop on Clinical Supervision
d. Workshop on Joyfull Learning
e. Training on Teacher Made Teaching Aid
f. Training on Utilization Computer
g. Research and Development South East ASEAN Mathematics Content

4. PROGRAM BERMUTU
a. Pelatihan bagi Provincial Core Team (PCT) bagi KKG
b. Pelatihan bagi Provincial Core Team (PCT) bagi MGMP
c. Pelatihan bagi District Core Team (DCT) bagi KKG
d. Pelatihan bagi District Core Team (DCT) bagi MGMP
e. National Training for Tim Pengembang KKG
f. National Training for Tim Pengembang MGMP
g. TOT untuk KKKS dan MKKS
h. TOT untuk KKPS dan MKPS
i. Rapat Kerja Teknis Tim Pengembang Modul
j. Workshop Pengembangan Modul Sistem Pelatihan
k. Pelatihan Penggunaan Modul
l. Monitoring

Untuk mendukung ketercapaian misi Kementerian Pendidikan Nasional yakni peningkatan layanan secara prima untuk mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, kesetaraan dan kepastian dalam mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, khususnya terkait dengan ketersediaan dan keterjangkauan layanan peningkatan mutu pendidikan matematika, PPPPTK Matematika menyediakan bahan-bahan pendukung pembinaan PTK Matematika melalui media cetak, elektronik dan website.
Selain itu PPPPTK Matematika juga terus berupaya melakukan inovasi dan pengembangan dibidang pendidikan matematika. Antara lain tentang problem solving, pengembangan prototype alat peraga matematika, game matematika, pembelajaran matematika melalui handpone (mathematics mobile learning), rekreasi matematika, software pembelajaran matematika, VCD pembelajaran matematika dan sebagainya.

PPPPTK Matematika juga menyusun dan mengembangkan berbagai paket modul fasilitasi peningkatan kompetensi KKG/MGMP Matematika.

Serta menyediakan forum komunikasi bagi peningkatan mutu PTK matematika melalui media cetak, elektronik, dan website serta menyediakan fasilitasi forum ilmiah bagi kelompok-kelompok kerja dan organisasi profesi PTK matematika.

UNIT-UNIT PENDUKUNG AKADEMIS

Dalam rangka mendukung tugas dan fungsi lembaga, khususnya dalam hal fasilitasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan matematika, PPPPTK Matematika mengembangkan unit-unit pendukung akademis. Keberadaan unit-unit ini disamping sebagai pusat sumber belajar bagi pendidik dan tenaga kependidikan matematika, juga mengembangkan berbagai produk untuk mendukung peningkatan kompetensi guru. Produk unit-unit pendukung akademis dan lembaga tersebut adalah:

1. Unit Media Alat Peraga Matematika

Unit Media Alat Peraga Matematika (MAMP) merupakan unit penunjang akademis di bawah Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi. Unit MAPM memiliki kurang lebih 200 macam alat peraga yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran matematika di SD, SMP, atau SMA, dan alat peraga permainan matematika. Unit MAPM juga melayani konsultasi alat peraga matematika, peminjaman alat peraga, penggunaan ruang kelas untuk kegiatan diklat/bimbingan teknis, dan pembuatan alat peraga. Selain itu unit MAPM juga menyelenggarakan kegiatan Workshop Pembuatan Alat Peraga dan Pelatihan Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SD.

2. Unit Media Teknologi Informasi dan Komunikasi

Unit MTIK memiliki fasilitas di antaranya Laboratorium ICT (30 unit PC dan 30 unit laptop), Lan Training (1 unit), Video Converence System (1 unit), TV Plasma 52″ (3 unit), LCD projector (2 unit).

Produk-produk yang sudah dihasilkan oleh unit MTIK di antaranya Website PPPPTK Matematika, Blog Pendidikian EDUKASIANA, Touchscreen, Mathematics Mobile Learning (MML), SIM-DIKLAT, Sistem Layanan Data Diklat, SIM Fasilitasi Asrama, Bank Soal Matematika, Antena WiFi, dan Free Hotspot.

Unit MTIK juga melayani jasa Diklat/Bimbingan Teknis untuk pemanfaatan ICT khususnya untuk pendidikan/pembelajaran. Materi yang diberikan di antaranya Pemanfaatan ICT Untuk Pembelajaran, Pembuatan dan Pengelolaan Web Blog, Pemanfaatan Jaringan Komputer, Pemanfaatan Mobile Learning, Pemanfaatan Software Open Source, Pemanfaatan e-Learning/Online Distance Learning, dan Pemanfaatan ICT Untuk Manajemen Sekolah.

3. Unit Riset dan Pengembangan

Unit Riset dan Pengembangan bertugas melakukan riset dan pengembangan di bidang media pembelajaran matematika, menghasilkan produk-produk PPPPTK Matematika dan non-PPPPTK Matematika, serta riset dan pengembangan pedagogis pembelajaran matematika termasuk pemecahan masalah. Unit Riset dan Pengembangan memiliki program-program unggulan, di antaranya penelitian di bidang pendidikan matematika, seminar pendidikan matematika dan media pembelajaran (PMMP), diskusi TEOREMA (temu omong rencang-rencang matematika), dan buletin Ringan (riset dan pengembangan).

4. Unit Mathematics Playground

Unit Mathematics Playground bertugas melakukan pengembangan dan pengelolaan model aktifitas rekreasi matematika untuk mendukung pembelajaran matematika yang menyenangkan. Menempati area seluas 2500m2, gedung berbentuk oktagon dengan nuansa warna yang ceria merepresentasikan matematika menyenangkan yang menjadi tujuan utama unit ini.

Fasilitas yang terdapat di Unit Mathematics Playground antara lain Ruang Display Indoor yang menyediakan beraneka puzzle, pengubinan, tantangan matematika, busa sabun steiner, poster matematika, dan lain-lain; Area Outdoor dengan aneka permainan matematika di antaranya jembatan Konigsberg, labirin matematika, dan sand box; Multi media yaitu home theatre, film dan tayangan matematika, touch screen computer, serta game komputer.

Unit Mathematics Playground juga melayani konsultasi dan bimbingan teknis bagi siswa, mahasiswa, guru, atau pihak lain yang berkepentingan tentang model permainan matematika dan aktifitas rekreasi matematika untuk mendukung pembelajaran matematika yang menyenangkan. Selain itu Unit Mathematics Playground juga mengembangkan software animasi dan game untuk pembelajaran matematika secara interaktif dan menyenangkan.

5. Unit Perpustakaan

Unit Perpustakaan menyediakan bahan-bahan referensi yang lengkap untuk menunjang pembelajaran. Tersedia 6.228 judul buku dengan total 19.733 eksemplar baik berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Sebanyak 8.637 eksemplar diantaranya merupakan buku matematika. Selain buku, koleksi bahan pustaka lainnya adalah kumpulan bahan diklat, surat kabar harian, dan majalah.

Unit Perpustakaan menyediakan fasilitas ruang baca dengan kapasitas pengunjung 65 orang dan dilengkapi dengan hotspot sehingga pengunjung dapat membaca bahan pustaka serta mengakses internet dengan nyaman. Selain itu perpustakaan juga menyediakan fasilitas komputer untuk mengakses internet bagi pengunjung.

6. Unit Media Audio Visual

Unit MAV bertugas memproduksi dan mengembangkan media audio visual untuk mendukung pembelajaran matematika serta melaksanakan pendokumentasian kegiatan lembaga. Unit ini memproduksi video pembelajaran matematika untuk SD, SMP, SMA, dan SMK yang dikembangkan untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar matematika terutama pada materi-materi yang menuntut adanya visualisasi. Unit MAV memiliki peralatan produksi yang lengkap seperti kamera, peralatan lighting, editing audio dan video, fotografi, serta video pembelajaran matematika.

7. Unit Media Komputer

Sejalan dengan perkembangan ICT sebagai media pembelajaran, PPPPTK Matematika didukung dengan keberadaan Unit Media Komputer yang bertugas mengembangkan software pembelajaran matematika dengan media komputer. Unit Media Komputer juga bertugas mengelola 2 laboratorium komputer sebagai sarana penunjang kegiatan pelatihan komputer yang masing-masing berkapasitas 30 komputer dan dilengkapi dengan fasilitas jaringan LAN, Internet, LCD, AC, Sound System dan Multimedia.

MITRA KERJA

PPPPTK Matematika telah menjalin kemitraan dengan berbagai instansi baik dalam maupun luar negeri, antara lain:

1. Direktorat Jenderal PMPTK
2. Direktorat Pembinaan Diklat, Direktorat Profesi Pendidik, dan Direktorat Tenaga Kependidikan
3. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) se-Indonesia
4. Dinas Pendidikan Provinsi dan Kab/Kota di Indonesia
5. Badan Kepegawaian Daerah
6. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)
7. Berbagai Perguruan Tinggi seperti UGM, UNY, USD, UNM, ITB, UPI, UNLAM, UNIMED, UNP, dsb
8. Balai Diklat Keagamaan Departemen Agama
9. SEAMEO SEAMOLEC
10. SEAMEO BIOTROP
11. SEAMEO RETRAC Vietnam
12. SEAMEO INNOTECH Philipine

3 Komentar »

  1. Saya ada permaian mata pelajaran MATEMATIKA…
    Supaya matematika bagi anak-anak lebih menyenangkan…
    Silakan klik: http://lagu2anak.blogspot.com/2010/11/metode-mengajarka-matematika-kreatif.html
    Ada pula lagu2 yang bisa digunakan untuk belajar matematika seperti di:
    http://lagu2anak.blogspot.com/2010/11/jari-perkalian-lagu-anak-karya-kak-zepe.html?utm_source=BP_recent
    .,,,,,,,,,,,,,…

    Komentar oleh kak zepe lagu2anak.blogspot.com — 01/12/2010 @ 1:18 AM | Balas

  2. Great! Tq

    Komentar oleh Mahyun — 09/01/2011 @ 8:26 PM | Balas

  3. terima kasih

    Komentar oleh bamstheguru — 10/01/2011 @ 1:47 PM | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: